Hadapi Revolusi Industri, Stakeholder Pendidikan Muhammadiyah Riau Rumuskan Strategi


141
47 shares, 141 points
Sumber : Islam Berkemajuan

IslamBerkemajuan.id, Pekanbaru – Majelis Dikdasmen Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Riau menyelenggarakan mengadakan Rapar Kerja Wilayan (Rakerwil) Kedua yang diselenggarakan Majelis Dikdasmen Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Riau di Winstar Hotel Pekanbaru, Jumat (12/10/2018). Rakerwil ini dihadiri oleh sebagian besar unsur Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) se-Riau, Majelis Dikdasmen PDM dan pimpinan sekolah/ madarasah Muhammadiyah se-Riau, serta Sekretaris Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah H.R. Alpha Amirrachman, M.Phil., Ph.D.

Ketua PWM Riau Drs. H. Saidul Amin, MA, menyampaikan bahwa forum strategis ini merupakan wahana yang tepat bagi Majelis Dikdasmen PWM Riau, unsur-unsur sekolah, dan daerah duduk bersama untuk menyamakan persepsi dan mengatur gerak langkah ke depan.

Hal ini ditegaskan oleh Ketua Majelis Dikdasmen PWM Riau Ir. Indra Hasan, MT bersama Sekretaris Drs. H. Lukman Hakim, MPd yang menjelaskan bahwa rencana implementasi kebijakan ini perlu dimantapkan dalam Rakerwil.

“Jadi, agenda dan program kerja majelis wilayah ini selama satu peoride empat tahun ini apa saja, dimantapkan dalam Rakerwil. Di dalamnya ada majelis daerah, kepala sekolah, juga ada pimpinan daerah,” ujar Indra.

Selanjutnya, Alpha Amirrachman menyampaikan bahwa pada era revolusi industri ini nantinya akan ada 35% keterampilan utama yang akan hilang pada tahun 2030 dan pada tahun itu 65% siswa sekolah dasar akan mendapatkan jenis pekerjaan yang belum ada saat ini.

“Sekolah dan madrasah Muhammadiyah harus terus bebenah menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman,” ujar Alpha

“Juga akan ada 14,4 juta tenaga kerja terampil yang akan berimigrasi antar negara ASEAN. Dengan demikian akan ada benturan atau gesekan kebudayaan dan peradaban,” lanjut Alpha mengingatkan.

Alpha pun mendorong sekolah dan madrasah Muhammadiyah untuk betul-betul mempersiapkan siswa-siswinya agar mampu menyesuaikan diri dengan perubahan konstelasi nasional dan global.

“Agar sekolah dan madrasah Muhammadiyah tetap eksis dan lulusannya mampu bersaing dengan tenaga kerja lainnya baik dari dalam maupun luar negeri,” imbuh Alpha.

Secara umum, agenda ini dilakukan untuk merealisasikan program kerja Majelis Dikdasmen PWM Riau periode 2015-2020, serta menyampaikan laporan kebijakan yang telah dilaksanakan dan menyusun rencana kebijakan tahun berikutnya. (nabhan)


What's Your Reaction?

confused confused
0
confused
hate hate
0
hate
bingung bingung
0
bingung
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *